Kurikulum

Model Pembelajaran

Mengacu pada Kurikulum PAUD 2013, Children Centre BSS menggunakan model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circles Time) yaitu metode penyelenggaraan PAUD yang berpusat pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran. Beyond Centers and Circles Time (BCCT) memungkinkan anak untuk melakukan manipulasi terhadap objek, terlibat dalam role playing saling bercakap-cakap dengan temannya, bereksplorasi, berinteraksi secara fisik, emosional, sosial dan secara kognitif serta kegiatan variatif yang menarik lainnya. Anak diperbolehkan memilih kegiatan yang menarik baginya dan akhirnya akan menjadikan anak sebagai pembelajar yang aktif dan interaktif baik secara fisik maupun mental sehingga akan mendapat berbagai pengalaman belajar dengan melihat, mendengar dan mengerjakan secara langsung (learning by doing).

Adapun penerapan  model pembelajaran BCCT dengan berbagai macam sentra sebagai berikut :

  1. Sentra Bahan Alam

Bertujuan untuk memberikan pengalaman pada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen, sehingga anak akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.

  1. Sentra Seni

Memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan keterampilannya terutama keterampilan tangan dengan menggunaka bahan dan alat.. Anak bermain sambil belajar mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerjasama, tanggung jawab, sosialisasi,melatih koordinasi mata, tangan , kaki dan pikiran.

  1. Sentra Peran

Anak bermain dalam berpura pura dan menirukan pengalaman yang didapat dalam dunia nyata sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya bersosialisasi, mengikuti prosedur, bereksperimen dan berbahasa.

  1. Sentra Balok

Bertujuan membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkontruksi, sehingga mengembangkan kemampuan visual spasial dan matematika di usia dini.

  1. Sentra Persiapan.

Sentra ini berfokus untuk memberikan kesempatan pada anak mengembangkan kemampuan matematika, pra menulis dan pra membaca.

Kehadiran Siswa

  1. Hadir setiap hari efektif belajar, dengan jam belajar

Taman Kanak-Kanak (TK):

  • TK A

Hari Senin s.d Jum’at: Jam   7.15 s.d 10.30 WIB

  • TK B

Hari Senin s.d Jum’at: Jam   7.00 s.d 10.30 WIB

Play Group:

  • PG 1 : Senin, Rabu dan Jum’at

Jam   07.30  s.d 10.00 WIB

  • PG 2 : Selasa, Kamis dan Jum’at

Jam  07.30 s.d 10.00 WIB

Penitipan Anak:

  • Senin s.d Jum’at : Jam 030 s.d 15.30 WIB
  • Toleransi penjemputan 30 menit
  1. Harus berada di dalam ruang belajar minimal 5 menit sebelum kegiatan dimulai
  2. Pada saat jam belajar  peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran

TARGET KURIKULUM

KELAS TPA (TAMAN PENGASUHAN ANAK)

CHILDREN CENTRE BSS UB

 

PROGRAM

SEMESTER I

(BULAN JULI –DESEMBER)

Surat Pendek Al  Fatihah
Doa – doa 1.    Doa sebelum makan dan minum

2.    Doa sesudah makan dan minum

3.    Doa sebelum tidur

4.    Doa bangun tidur

5.    Doa untuk ayah dan ibu

Smart

Al qur’an Metode Ummi

a-ba-ta
Lagu Nasional Indonesia Raya

Hari Merdeka

Membaca Pengenalan huruf a,i,u
Berhitung Pengenalan angka

1-2

 

PROGRAM

SEMESTER II

(BULAN JANUARI-JUNI)

SuratPendek Al Ikhlas
Doa – doa 1.    Doa masuk kamar mandi

2.    Doa keluar kamar mandi

3.    Doa akhir majlis

Smart

Al qur’an Metode Ummi

 Tsa, Ja, Kha
Lagu Nasional Mars dan Himne BSS

Kartini

Membaca Pengenalan huruf a,i,u,e,o
Berhitung Pengenalan angka 3-5

 TARGET KURIKULUM

KELAS KELOMPOK BERMAIN

CHILDREN CENTRE BSS UB

 

PROGRAM

SEMESTER I

(BULAN JULI –DESEMBER)

Surat Pendek 1.    Al Fatihah

2.    Al Ikhlas

3.    Al ‘Ashr

Doa – doa 1.    Doa sebelum makan dan minum

2.    Doa sesudah makan dan minum

3.    Doa sebelum tidur

4.    Doa bangun tidur

5.    Doa sebelum belajar

6.    Doa untuk ayah dan ibu

Smart Al qur’an Metode Ummi a-ba

ta-tsa

Lagu Nasional 1.      Indonesia Raya

2.      Hari Merdeka

3.      Garuda

Membaca Pengenalan huruf   a i u e o
Berhitung Pengenalan angka 1 – 5

PROGRAM

SEMESTER II

(BULAN JANUARI-JUNI)

Surat Pendek 1.    An Naas

2.    Al Falaq

Doa – doa 1.    Doa masuk rumah

2.    Doa keluar rumah

3.    Doa kebaikan dunia dan akhirat

Smart Al qur’an Metode Ummi Ja, Kha, kho, da
Lagu Nasional 1.    Himne & Mars BSS

2.    Kartini

Membaca Pengenalan huruf  b, c, s, m
Berhitung Pengenalan angka 6-10

 

TARGET KURIKULUM

KELAS TK. A

CHILDREN CENTRE BSS UB

 

PROGRAM

SEMESTER I

(BULAN JULI –DESEMBER)

Surat Pendek 1.    Al Fatihah

2.    An Naas

3.    Al Falaq

4.    Al Ikhlas

5.    Al ‘Ashr

6.    An Nashr

7.    Al Lahab

8.    Al Kautsar

Doa – doa 1.     Doa sebelum makan dan minum

2.     Doa sesudah makan dan minum

3.     Doa sebelum tidur

4.     Doa bangun tidur

5.     Doa masuk rumah

6.     Doa keluar rumah

7.     Doa untuk ayah dan ibu

8.     Doa masuk kamar mandi

9.     Doa keluar kamar mandi

Smart Al qur’an Metode Ummi a-ba

ta-tsa

ja-kha

kho-da

dhza-ro

Lagu Nasional 1.    Indonesia Raya

2.    Hari Merdeka

3.    Garuda

Membaca Pengenalan dan faham huruf a,i,u,e,o,c,b,s

Pengenalan dan faham huruf m,l,t,h,r

Pengenalan dan faham huruf k,j,n,p,g,y

Pengenalan dan faham huruf f,q,v,w,x,y,z

Riview pengenalan huruf a-z

Berhitung Pengenalan dan faham angka 1 – 5

Menulis angka 1 – 5

Riview pengenalan angka 1-5

PROGRAM

SEMESTER II

(BULAN JANUARI-JUNI)

Surat Pendek 1.    Al Kafirun

2.    Al Fiil

3.    Al Quraisy

Doa – doa 1.    Doa masuk kamar mandi

2.    Doa keluar kamar mandi

3.    Doa akhir majlis

4.    Doa kebaikan dunia dan akhirat

5.    Doa naik kendaraan

6.    Doa setelah adzan

Smart Al qur’an Metode Ummi Za-Dho
Lagu Nasional 1.    Mars BSS

2.    Himne BSS

3.    Sabang Merauke

4.    Kartini

Membaca Pengenalan suku kata
Berhitung Pengenalan dan faham lambang bilangan 6-10