Model Pembelajaran
Mengacu pada Kurikulum PAUD 2013, Children Centre BSS menggunakan model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circles Time) yaitu metode penyelenggaraan PAUD yang berpusat pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main dan saat anak dalam lingkaran. Beyond Centers and Circles Time (BCCT) memungkinkan anak untuk melakukan manipulasi terhadap objek, terlibat dalam role playing saling bercakap-cakap dengan temannya, bereksplorasi, berinteraksi secara fisik, emosional, sosial dan secara kognitif serta kegiatan variatif yang menarik lainnya. Anak diperbolehkan memilih kegiatan yang menarik baginya dan akhirnya akan menjadikan anak sebagai pembelajar yang aktif dan interaktif baik secara fisik maupun mental sehingga akan mendapat berbagai pengalaman belajar dengan melihat, mendengar dan mengerjakan secara langsung (learning by doing).
Adapun penerapan model pembelajaran BCCT dengan berbagai macam sentra sebagai berikut :
- Sentra Bahan Alam
Bertujuan untuk memberikan pengalaman pada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen, sehingga anak akan memiliki ide dan kepekaan terhadap pengetahuan dan alam sekitar sehingga tumbuh motivasi dan kepercayaan diri dalam belajar.
- Sentra Seni
Memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan keterampilannya terutama keterampilan tangan dengan menggunaka bahan dan alat.. Anak bermain sambil belajar mengasah rasa keindahan, membangun kemandirian, kerjasama, tanggung jawab, sosialisasi,melatih koordinasi mata, tangan , kaki dan pikiran.
- Sentra Peran
Anak bermain dalam berpura pura dan menirukan pengalaman yang didapat dalam dunia nyata sehingga anak dapat mengembangkan kemampuannya bersosialisasi, mengikuti prosedur, bereksperimen dan berbahasa.
- Sentra Balok
Bertujuan membantu perkembangan anak dalam keterampilan berkontruksi, sehingga mengembangkan kemampuan visual spasial dan matematika di usia dini.
- Sentra Persiapan.
Sentra ini berfokus untuk memberikan kesempatan pada anak mengembangkan kemampuan matematika, pra menulis dan pra membaca.
Kehadiran Siswa
- Hadir setiap hari efektif belajar, dengan jam belajar
Taman Kanak-Kanak (TK):
- TK A
Hari Senin s.d Jum’at: Jam 7.15 s.d 10.30 WIB
- TK B
Hari Senin s.d Jum’at: Jam 7.00 s.d 10.30 WIB
Play Group:
- PG 1 : Senin, Rabu dan Jum’at
Jam 07.30 s.d 10.00 WIB
- PG 2 : Selasa, Kamis dan Jum’at
Jam 07.30 s.d 10.00 WIB
Penitipan Anak:
- Senin s.d Jum’at : Jam 030 s.d 15.30 WIB
- Toleransi penjemputan 30 menit
- Harus berada di dalam ruang belajar minimal 5 menit sebelum kegiatan dimulai
- Pada saat jam belajar peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran
TARGET KURIKULUM
KELAS TPA (TAMAN PENGASUHAN ANAK)
CHILDREN CENTRE BSS UB
PROGRAM |
SEMESTER I (BULAN JULI –DESEMBER) |
Surat Pendek | Al Fatihah |
Doa – doa | 1. Doa sebelum makan dan minum
2. Doa sesudah makan dan minum 3. Doa sebelum tidur 4. Doa bangun tidur 5. Doa untuk ayah dan ibu |
Smart
Al qur’an Metode Ummi |
a-ba-ta |
Lagu Nasional | Indonesia Raya
Hari Merdeka |
Membaca | Pengenalan huruf a,i,u |
Berhitung | Pengenalan angka
1-2 |
PROGRAM |
SEMESTER II (BULAN JANUARI-JUNI) |
SuratPendek | Al Ikhlas |
Doa – doa | 1. Doa masuk kamar mandi
2. Doa keluar kamar mandi 3. Doa akhir majlis |
Smart
Al qur’an Metode Ummi |
Tsa, Ja, Kha |
Lagu Nasional | Mars dan Himne BSS
Kartini |
Membaca | Pengenalan huruf a,i,u,e,o |
Berhitung | Pengenalan angka 3-5 |
TARGET KURIKULUM
KELAS KELOMPOK BERMAIN
CHILDREN CENTRE BSS UB
PROGRAM |
SEMESTER I (BULAN JULI –DESEMBER) |
Surat Pendek | 1. Al Fatihah
2. Al Ikhlas 3. Al ‘Ashr |
Doa – doa | 1. Doa sebelum makan dan minum
2. Doa sesudah makan dan minum 3. Doa sebelum tidur 4. Doa bangun tidur 5. Doa sebelum belajar 6. Doa untuk ayah dan ibu |
Smart Al qur’an Metode Ummi | a-ba
ta-tsa |
Lagu Nasional | 1. Indonesia Raya
2. Hari Merdeka 3. Garuda |
Membaca | Pengenalan huruf a i u e o |
Berhitung | Pengenalan angka 1 – 5 |
PROGRAM |
SEMESTER II (BULAN JANUARI-JUNI) |
Surat Pendek | 1. An Naas
2. Al Falaq |
Doa – doa | 1. Doa masuk rumah
2. Doa keluar rumah 3. Doa kebaikan dunia dan akhirat |
Smart Al qur’an Metode Ummi | Ja, Kha, kho, da |
Lagu Nasional | 1. Himne & Mars BSS
2. Kartini |
Membaca | Pengenalan huruf b, c, s, m |
Berhitung | Pengenalan angka 6-10 |
TARGET KURIKULUM
KELAS TK. A
CHILDREN CENTRE BSS UB
PROGRAM |
SEMESTER I (BULAN JULI –DESEMBER) |
Surat Pendek | 1. Al Fatihah
2. An Naas 3. Al Falaq 4. Al Ikhlas 5. Al ‘Ashr 6. An Nashr 7. Al Lahab 8. Al Kautsar |
Doa – doa | 1. Doa sebelum makan dan minum
2. Doa sesudah makan dan minum 3. Doa sebelum tidur 4. Doa bangun tidur 5. Doa masuk rumah 6. Doa keluar rumah 7. Doa untuk ayah dan ibu 8. Doa masuk kamar mandi 9. Doa keluar kamar mandi |
Smart Al qur’an Metode Ummi | a-ba
ta-tsa ja-kha kho-da dhza-ro |
Lagu Nasional | 1. Indonesia Raya
2. Hari Merdeka 3. Garuda |
Membaca | Pengenalan dan faham huruf a,i,u,e,o,c,b,s
Pengenalan dan faham huruf m,l,t,h,r Pengenalan dan faham huruf k,j,n,p,g,y Pengenalan dan faham huruf f,q,v,w,x,y,z Riview pengenalan huruf a-z |
Berhitung | Pengenalan dan faham angka 1 – 5
Menulis angka 1 – 5 Riview pengenalan angka 1-5 |
PROGRAM |
SEMESTER II (BULAN JANUARI-JUNI) |
Surat Pendek | 1. Al Kafirun
2. Al Fiil 3. Al Quraisy |
Doa – doa | 1. Doa masuk kamar mandi
2. Doa keluar kamar mandi 3. Doa akhir majlis 4. Doa kebaikan dunia dan akhirat 5. Doa naik kendaraan 6. Doa setelah adzan |
Smart Al qur’an Metode Ummi | Za-Dho |
Lagu Nasional | 1. Mars BSS
2. Himne BSS 3. Sabang Merauke 4. Kartini |
Membaca | Pengenalan suku kata |
Berhitung | Pengenalan dan faham lambang bilangan 6-10 |